HOME
Home » Tips SEO » SEO : Cara Memperkecil Bounce Rate

SEO : Cara Memperkecil Bounce Rate

Posted at April 22nd, 2016 | Categorised in Tips SEO

Cara memperkecil bounce rate. Bounce rate merupakan indikator seberapa lama pengunjung blog membaca konten – konten blog kita. Jika pengunjung membuka halaman blog lalu segera menutupnya kembali, ini dikategorikan Google sebagai perilaku pengunjung blog yang tidak puas, atau tidak mendapatkan solusi yang dia cari. Semakin banyak pengunjung dengan perilaku seperti itu maka bounce rate akan semakin tinggi, atau tingkat ketidakpuasan yang tinggi.

Secara matematis, bounce rate dapat digambarkan dengan rumus : jumlah pengunjung yang membuka lalu menutup halaman dibagi total pengunjung, dikali 100 %.  Anda memiliki pengunjung 100, 70 orang diantaranya membuka halaman anda lalu segera menutupnya, maka bounce rate nya dapat dihitung  70/100  X 100% = 70%. Semakin tinggi angka bounce rate, Google akan menganggap blog tersebut tidak memiliki konten yang berkualitas, sehingga tidak layak ditampilkan pada hasil pencarian.

Sehingga dengan tingkat bounce rate yang tinggi, secara SEO akan merugikan optimasi pada blog kita, artinya peringkatnya sulit untuk naik, atau bahkan malah turun. Sebagaimana kita ketahui Google menginginkan blog yang dapat menyajikan konten yang bermanfaat untuk pengguna mesin pencarinya, artinya Google ingin setiap pengguna mesin pencarinya menemukan solusi yang dicarinya.

Jika bounce rate yang tinggi akan merugikan optimasi blog kita, lalu bagaimana kita bisa memperkecil bounce rate?  Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan, yang pernah saya pelajari ketika belajar SEO, dan saya buktikan sendiri  :

  • Memperbanyak konten pada halaman blog.
  • Membuat artikel yang menarik, lengkap dan memberi manfaat untuk pengunjung, artinya anda memberikan solusi yang tidak ditemukan pada blog lainnya.
  • Perbaiki desain blog anda. Hindari pemasangan iklan yang berlebihan, hindari pernak – pernik animasi yang tidak perlu.
  • Percepat loading blog. Jika loading blog anda berat dan lama, maka pengunjung akan bosan menunggu sehingga dia menutup dan meninggalkan halaman anda.
  • Tambahkan widget artikel yang berkaitan. Pengunjung akan berlama – lama pada halaman anda karena adanya link – link artike yang berkaitan, sehingga dia akan membaca artikel – artikel anda yang lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperkecil bounce rate pada blog kita sehingga blog kita akan memiliki performa yang baik pada search engine seperti Google dan lainnya.

Oh ya jangan lupa jika anda ingin mendongkrak ranking blog anda dengan cepat, saya merekomendasikan anda untuk mendownload dan mempelajari ebook JAWARA SEO, yang merupakan pengalaman pribadi  berikut ini :

belajar seo

Related Post to SEO : Cara Memperkecil Bounce Rate

internal linking

Bagaimana Cara Membuat Internal Linking Yang Baik

Posted at April 26, 2016

Cara membuat internal linking.  Blog atau website merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari penulis kepada para pembacanya. Informasi tertentu tidak dapat... Read More

teknik seo

Teknik SEO Yang Disukai Search Engine

Posted at April 26, 2016

Teknik SEO.  Setelah pada halaman sebelumnya kita membahas tentang pengertian apa itu SEO, kali ini kita akan berbicara tentang teknik SEO yang... Read More

apa itu SEO

Apa Itu SEO

Posted at April 26, 2016

Apa itu SEO. Bagi anda yang sudah kawakan dan malang melintang di dunia internet marketing, mungkin sudah mengerti apa itu SEO,... Read More

agar cepat terindex google

Cara Agar Blog Atau Website Cepat Terindex

Posted at April 22, 2016

Pada halaman ini saya tidak ingin membahas bagaimana cara membuat blog atau website, saya berasumsi anda tentu sudah dapat membuat blog.... Read More